Beranda Finansial Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menyiapkannya

Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menyiapkannya

214
0
dana darurat, dana darurat ideal, dana darurat adalah, cara menghitung dana darurat, dana darurat berapa kali gaji, rumus dana darurat, apa itu dana darurat, dana darurat disimpan dimana, perhitungan dana darurat, menghitung dana darurat, cara mengumpulkan dana darurat, cara menabung dana darurat, cara menyimpan dana darurat, manfaat dana darurat

Kejadian tak terduga dapat terjadi kapan saja dan dapat menimpa siapa saja, termasuk Anda. Terkadang Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk mengatasi situasi tersebut.

Demi menjaga finansial yang sehat, Anda perlu memiliki dana darurat. Apa itu dana darurat? Apa manfaat dan bagaimana cara menyiapkannya? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang sengaja disisihkan untuk keperluan mendadak atau keadaan darurat yang tidak terduga. Keadaan darurat yang dimaksud adalah seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau keadaan yang memerlukan biaya tambahan yang tidak terduga.

Dana darurat menjadi penting untuk dimiliki sebagai bentuk perlindungan finansial untuk menghadapi situasi darurat tanpa harus berutang atau mengambil keputusan finansial yang buruk. Lantas seberapa besar dana darurat ideal yang harus kita miliki?

Cara Menghitung Dana Darurat

Besaran dana darurat untuk Anda yang masih single atau tidak mempunyai tanggungan adalah sebesar 3-6 kali pengeluaran setiap bulan. Sementara untuk Anda yang sudah berkeluarga, besaran dana darurat yang dibutuhkan adalah 6-12 pengeluaran bulanan. Namun apabila Anda dapat menyisihkan dana darurat lebih besar, tentu semakin baik.

Manfaat Dana Darurat

1. Perlindungan Finansial
Dana darurat menjadi sangat penting ketika Anda menghadapi kejadian yang tidak terduga seperti kehilangan pekerjaan. Dana ini nantinya dapat Anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup serta membayar tagihan-tagihan sembari Anda mencari pekerjaan yang baru.

2. Bebas Utang
Dana darurat membantu meningkatkan kemandirian finansial, sebab Anda tidak bergantung pada pinjaman atau bantuan finansial dari orang lain ketika menghadapi kejadian tak terduga. Sehingga dana darurat dapat membantu Anda terhindar dari utang serta membantu Anda tetap pada jalur keuangan yang baik.

3. Menghemat Uang
Dengan menyisihkan uang untuk alokasi dana darurat, tentu Anda harus menghemat pengeluaran. Dengan kebiasaan baik ini, secara jangka panjang akan membentuk kebiasaan berhemat.

Selain itu, dengan memiliki dana darurat Anda tidak perlu mengeluarkan uang dari tabungan atau investasi jangka panjang ketika menghadapi kejadian tak terduga.

4. Mengurangi Stres
Permasalahan finansial sering membuat orang menjadi stres dan tertekan. Dengan memiliki dana darurat, kehidupan dapat berjalan seperti biasanya tanpa khawatir tagihan biaya yang datang secara mendadak.

Sehingga hal ini dapat mengurangi stres finansial dan memberikan ketenangan pikiran ketika menghadapi kejadian tak terduga.

5. Lebih Fokus Bekerja
Tidak hanya bermanfaat disisi finansial, memiliki dana darurat membantu Anda lebih fokus dalam bekerja. Anda akan lebih tenang dalam berbagai aktivitas ketika memiliki cadangan uang.

Sehingga, hasil kerja Anda dapat lebih memuaskan. Bukan tidak mungkin, hal ini akan membuat Anda mendapat kenaikan gaji dan membuat kondisi finansial semakin sehat.

Cara Menyiapkan Dana Darurat

1. Mengetahui Jumlah Pengeluaran Bulanan
Untuk menentukan besaran dana darurat yang ideal, maka Anda tahu terlebih dahulu seberapa banyak pengeluaran Anda setiap bulannya. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mencoba untuk mencatat pengeluaran setiap hari selama kurang lebih 3 bulan. Lalu ambil pengeluaran rata-rata selama 3 bulan tersebut.

2. Menentukan Besaran Dana Darurat
Setelah mengetahui besaran pengeluaran bulanan, saatnya menentukan target besaran dana darurat yang harus dikumpulkan. Bagi Anda yang masih single, besaran dana dana darurat mencapai 3-6 kali pengeluaran bulanan. Sedangkan untuk Anda yang berkeluarga bisa mencapai 6-12 pengeluaran bulanan.

3. Membuat Rekening Terpisah
Buatlah rekening terpisah antara rekening pengeluaran belanja dengan rekening dana darurat. Hal ini dimaksudkan supaya tidak tercampur dan Anda bisa dengan jelas melihat capaian target dana daruratmu.

Karena ini adalah dana darurat, maka hendaknya mudah diakses dan cepat dicairkan. Anda dapat menggunakan rekening tabungan biasa, deposito jangka pendek, atau reksa dana pasar uang.

4. Konsisten
Hal yang paling penting dalam mengumpulkan dana darurat adalah konsisten menabung. Tanpa hal ini, sulit untuk mencapai target dana darurat yang telah ditentukan.

Sisihkan uang seketika mendapatkan gaji atau penghasilan, dan bukan menabung sisa gaji. Tidak harus besar, yang terpenting mulai menabung sedini mungkin, dan dilakukan secara rutin.

5. Cari Penghasilan Tambahan
Karena dana darurat yang kita kumpulkan adalah beberapa kalinya pengeluaran bulanan, maka dibutuhkan kesabaran supaya dapat terkumpul. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan supaya dana darurat terkumpul lebih cepat, Anda dapa mulai mencari penghasilan tambahan. Anda dapat mengumpulkan penghasilan tambahan dari freelance, menjadi dropshipper, affiliate dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here