Beranda Finansial Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

183
0
cara menghemat pengeluaran bulanan, cara menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga, cara menghemat belanja bulanan, cara hemat pengeluaran bulanan, cara menghemat pengeluaran belanja bulanan

Apakah Anda termasuk orang yang kerap merasa pengeluarannya terbilang besar diakhir bulan? Jika iya, ini sudah waktunya Anda meninggalkan kebiasaan tidak baik itu mulai sekarang.

Mengontrol keuangan bukan berarti menjadikan Anda seseorang yang pelit atau kikir. Melainkan dengan pengelolaan uang yang baik, Anda dapat mengukur kondisi keuangan Anda sendiri.

Terlebih apabila Anda sudah berkeluarga, Anda harus memikirkan biaya pendidikan anak, uang pensiun, biaya tidak terduga, atau biaya liburan bersama keluarga. Hal-hal tersebut dapat tercapai dengan perencanaan keuangan yang baik dimulai dari menghemat pengeluaran bulanan.

Berikut ini adalah beberapa cara menghemat pengeluaran bulanan yang dapat Anda lakukan.

Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

1. Punya Tujuan Keuangan
Pertama, Anda harus punya tujuan keuangan yang jelas. Setelah menentukan tujuan, lalu tentukan juga jumlah uang yang ingin Anda butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal ini membuat Anda menggunakan uang pada hal-hal yang lebih prioritas. Sehingga Anda akan menghemat uang dengan tidak membelanjakannya pada hal-hal yang tidak perlu.

2. Catat Pengeluaran
Kedua, selalu buat catatan yang jelas mengenai pengeluaran dan pemasukan. Manfaat mencatat pengeluaran adalah membuat Anda lebih bijak dalam membelanjakan uang. Anda bisa memanfaatkan fasilitas pada ponsel pintar atau pada buku catatan.

3. Membedakan Keinginan dan Kebutuhan
Ketiga, mampu membedakan mana yang keinginan dan kebutuhan. Dengan mencatat setiap pengeluaran, maka Anda dapat melihat pengeluaran yang bersifat kebutuhan dan mana yang bersifat keinginan. Setelah melakukan pencatatan, pada bulan berikutnya, Anda bisa lebih bijak dalam mengatur pengeluaran.

4. Menekan Pengeluaran
Keempat, atur strategi dalam menekan pengeluaran. Setelah membuat pencatatan, Anda bisa lakukan analisis dan menentukan bagian mana yang masih bisa Anda kurangi. Terutama pada pengeluaran yang sifatnya keinginan.

5. Manfaatkan Promo
Kelima, belanja saat promo dapat mengemat pengeluaran. Manfaatkan voucher diskon, cashback atau promosi yang tersedia di toko atau marketplace, gunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan pokok Anda.

6. Sesekali Self Reward
Keenam, meski Anda fokus untuk efisiensi, Anda tetap bisa memanjakan diri sesekali. Meski Anda sedang dalam kondisi berhemat, jangan lupa untuk bersenang-senang sesekali. Anggaplah kegiatan ini sebagai hadiah.

7. Konsisten
Terakhir, hal yang paling penting dalam rangka berhemat adalah konsisten. Anda harus bisa konsisten atas apa yang sedang Anda lakukan supaya tujuan Anda dapat terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here