Struktur Sosial : Pengertian, Fungsi, Dan Bentuknya ( Ringkasan Lengkap !)

Pengertian Struktur Sosial – Halo sahabat, apa kabar ? Jika sebelumnya admin sudah menuliskan tentang bentuk bentuk perubahan sosial. Artikel kali ini akan kami rangkumkan secara seksama tentang apa yang di maksud struktur sosial, fungsi – fungsinya, dan ciri cirinya. Baca sampai habis ya teman teman !.

Pengertian Struktur Sosial Secara Umum

pengertian struktur sosial

Yang di maksud struktur sosial adalah Suatu bangunan sosial yang terdiri didalamnya unsur unsur pembentuk masyarakat. Secara fungsi unsur unsur dalam masyarakat semuanya saling berkaitan satu sama lain. Masudnya adalah jika terjadi suatu perubahan pada salah satu unsur maka unsur unsur lainpun juga akan mengalami perubahan.

Maksud dari pada unsur unsur masyarakat seperti semua individu dalam kelompok, daerah yang dipakai sebagai tempat tinggal masyarakat, serta budaya budaya, nilai dan norma yang berlaku untuk mengatur berjalannya kehidupan bersama.

Terdapat dua pembagian susunan struktur sosial, yaitu Struktur sosial vertikal dan struktur sosial horizontal. Ciri dari pada struktur sosial vertikal menunjukkan adanya suatu perbedaan kedudukan di antara masyarakat seperti orang kaya dan orang miskin.

Sedangkan struktur sosial horizontal memiliki ciri semua individu memiliki kedudukan yang sama. Sebagai contoh-nya antara laki laki dan laki laki, atau kelompok agama islam, budha dan kristen yang mana diantara ketiganya tidak terdapat tingkatan kedudukan.

Pengertian Struktur Sosial Menurut Ahli

Berikut beberapa kutipan definisi struktur sosial menurut ahli dalam bidang ilmu sosiologi. Diantaranya sebagai berikut :

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Struktur Sosial adalah suatu keterkaitan antar suatu unsur sosial berupa lembaga sosial, lapisan lapisan sosial, dan juga tentunya nilai nilai dan norma sosial yang berlaku.

Menurut D. Hendropuspito

Struktur sosial adalah skema penempatan dari nilai sosial budaya yang berlaku dan organ-organ masyarakat dalam posisi yang dianggap sesuai. Untuk memfungsikan organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing masing dari setiap bagian membutuhkan jangka waktu yang relatif lama.

Menurut Komblum

Yang dimaksud struktur sosial menurut Komblum adalah pola dari prilaku manusia dan kelompok, prilaku tersebut terjadi secara berulang yang menciptakan suatu keterkaitan hubungan antar individu dan kelompok dalam masyarakat.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian struktur sosial menurut-nya adalah suatu kerangka yang menggambarkan suatu hubungan antara berbagai elemne dalam masyarakat.

Menurut Raymond Flirt

Struktur sosial adalah sebuah pergaulan antara individu mang menghubungkan berbagai tipe kelompok yang terdiri dari banyak orang dan juga meliputi lembaga lembaga dimana banyak sekali individu yang ambil bagian.

Fungsi Struktur Sosial

Dalam lingkungan masyarakat, Struktur sosil terbentuk karena adanya unsur – unsur sosial dalam lingkungan itu yang saling berinteraksi untuk waktu yang cukup lama. Karenanya, Fungsi dari pada struktur sosial adalah untuk mengatur tatanan kehidupan secara keseluruhan aspek dalam kehidupan bermasyarakat. Struktur sosial dapat kita analogikan sebagai rantai yang mengikat unsur unsur tersebutuntuk menciptakan masyarakat yang teratur dan juga harmonis.

Ciri Ciri Struktur Sosial

Berikut merupakan beberapa ciri ciri yang kami kutipkan dari beberapa sumber. Diantara ciri ciri struktur sosial adalah :

  • Bersifat Abstrak
  • Erat Kaitannya dengan budaya sosial masyarakat
  • Pasti akan mengalami perubahan
  • Sebagai landasan pokok yang mengatur hubungan Sosial dalam kehidupan bermasyarakat
  • Diklasifikasikan dalam bentuk vertikal dan horizontal.

Bentuk Bentuk Struktur Sosial

Seperti yang sudah kami jelaskan secara singkat di awal tentang pengertian struktur sosial yang di bagi menjadi dua bagian secara umum. Berikut ini merupakan penjelasan mendetail tentang Struktur Sosial Vertikal, serta struktur sosial horizontal

1. Bentuk Struktur Sosial Vertikal

bentuk struktur sosial

Jika Dilihat Struktur sosial secara vertikal, struktur sosial membagi semua unsur sosial menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkatan. Dalam kenyataan sosial, Bentuk struktur sosial vertikal akan terlihat adanya pembagian Kelas Sosial, Stratifikasi Sosial, dan Status Sosial dalam masyarakat.

Sebagai contoh bambang adalah seorang Gubernur, Joni adalah seorang Bupati dan Putra adalah Kepala Desa. Maka dilihat secara kekuasaan, kedudukan bambang lebih tinggi dari Joni dan Joni lebih Tinggi dari Putra.

2. Bentuk Struktur Sosial Horizontal

pengertian struktur sosial

Adanya suatu perbedaan diantara unsur unsur sosial dalam bentuk sturktur sosial horizontal berlaku secara keseluruhan dan tidak membagi bagi-nya berdasarkan suatu tingkatan tertentu. Semua perbedaan di nilai sama satu dengan yang lain. Contoh seperti ridho yang seorang gubernur berkulit coklat, rahmad adalah Bupati yang memiliki kulit gelap dan yusuf adalah Kepala desa yang berkulit putih.

Secara Struktur Sosial horizontal perbedaan disini merupakan warna kulitnya, tidak dilihat dari statusnya dalam masyarakat. Perbedaan perbedaan tersebut tidak membuat diantara ketiganya menjadi lebih tinggi, melainkan ketiganya tetap sederajat walau ada suatu perbedan.

Demikian rangkuman kami mengenai pengertian struktur sosial, ciri-ciri, bentuk, dan juga fungsi struktur sosial dalam masyarakat. Jika ada kesalahan dalam penulisan dan materi yang kami berikan, kami mohon maaf. Untuk memperbaiki kesalahan yang ada, kami meminta tolong untuk mengingatkan kami menggunakan kolom komentar karena kamipun masih belajar. Kami cukupkan, sekian dan terimakasih banyak. 😀

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: