Pengertian Sosiologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi – Dalam berkehidupan yang kita jalani saat ini keterkaitan antara individu satu dengan lainnya sangatlah lekat. Tak hanya antar individu, ada juga keterkaitan individu dengan kelompok bahkan ada keterkaitan antara kelompok dengan kelompok.

Didalam menjalani hubungan tersebut ada terdapat banyak sekali permasalahan dan persoalan yang terjadi di dalamnya. Nah… disinilah peran besar ilmu sosiologi di gunakan. Untuk lebih jelasnya scroll terus kebawah ya… baca sampai selesai ! 😀

Pengertian Sosiologi Secara Umum

pengertian sosiologi menurut para ahli

Secara garis besar yang dimaksud dengan sosiologi adalah ilmu yang digunakan untuk menelaah dan meneliti semua jenis hubungan yang terjadi dalam keidupan manusia seluruhnya. Lebih tepatnya ilmu ini dipakai untuk menyelesaikan segala permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian sosiologi secara etimologi, asal kata sosiologi adalah SOCIUS yang berarti “kawan”. LOGOS yang berarti ilmu pengetahuan. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa latin.

Ilmu ini merupakan ilmu yang selalu berkembang sesuai zaman karena memang ilmu ini selalu dipantau dan dikokohkan oleh para ahli dan dapat di atur juga oleh masyarakat seluruhnya. Karenanya mempelajari ilmu ini sangatlah penting dalam mewujudkan masyarakat yang lebih baik.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

yang dimaksud sosiologi

Pakar pakar sosiologi dari zaman kezaman sangatlah banyak, ada beberapa pengertian sosiologi yang dikemukaan pakar ahli terkemuka yang mungkin perlu kita ketahui bersama. Berikut beberapa pengertian sosiologi menurut para ahli :

Pengertian Sosiologi Menurut Auguste Comte

Nama aslinya adalah Isidore Auguste Marie François Xavier Comte. Beliau adalah filsuf yang berasal dari perancis yang pertama kali memperkenalkan ilmu sosiologi pada tahun 1839. Istilah sosiologi pada waktu itu digunakan untuk menyebut orang yang khusus mempelajari masyarakat.

Karena sumbangsinya terhadap ilmu sosiologi, para ahli sepakat menobatkannya mejadi “Bapak Sosiologi”. Menurutnya Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar hukum yang dirumuskan berdasarkan gejala sosial yang kemudian dibedakan menjadi Sosiologi dinamis dan statis.

Pengertian Sosiologi Menurut Karl Marx

Sebenarnya beliau adalah seorang pakar dalam biidang ekonomi yang berasal dari. Definisi sosiologi menurut Karl Marx memang tidak secara terus terang ia tuliskan. Tapin ada beberapa studi ekonominya yang dijadikan sebagai landasan teori sosiologi.

Dalam bukunya beliau berpendapat bahwa “Masyarakat (proletar) harus di bebaskan dari penyakit sistem kapitalis yang akan menghancurkannya. Dengan menggunakan ilmu sosiologi sebagai alat yang dapat mengangkat kaum tertindas didalam memerangi para penindas dan dapat mewujudkan cita-cita masyarakat tanpa kelas.”

Devinisi Sosiologi menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Beliau beliau merupakan seorang tokoh pendidikan yang berasal darikota yogyakarta. Beliau menuturkan bahwa sosiologi adalah ilmu masyarakat yang mempelajari struktur sosial. Maksudnya seluruh hubungan sosial atara unsur unsur sosial yang utama, kaidah kaidah sosial dari semua kolompok dan lapisan lapisan sosial.

Beliau menambahkan ilmu ini juga mempelajari proses proses sosial seperti timbal balik yang terjadi di berbagai segi kehidupan ini. Pernyataan beliau tertulis dalam bukunya yang berjudul ‘Setangkai Bunga Sosiologi’.

Pengertian Sosiologi Menurut Max Weber

Menurut Max Weber yang dimaksud dengan Sosiologi adalah mempelajari semua usaha yang dapat memahami prilaku dan tidakan sosial. Tindakan sosial merupakan suatu tindakan yang di kerjakan dengan segala pertimbangan yang berorientasi pada perilaku orang lain.

Pengertian Sosiologi Menurut Emile Durkheim

Beliau juga merupakan seorang ahli sosiologi yang berasal dari perancis. Beliau menuturkan bahwasannya sosiologi merupakan study ilmu yang meneliti tentang fakta fakta sosial. Fakta sosial merupakan cara cara yang digunakan dalam tindakan, pikiran, dan bisa melakukan pemaksaan dari luar kepada suatu individu.

Pengertian Sosiologi Menurut Soerjono Soekanto

Beliau merupakan seorang lektor kepala sosiologi dan hukum adat di fakultas hukum universitas indonesia (UI). Definisi sosiologi menurutnya adalah ilmu yang berpusat pada penelaahan kehidupan segi segi kemasyarakatan yang sifatnya umum yang kemudian dicari dan diusahakan untuk menemukan pola pola-nya.

Definisi Sosiologi Menurut Pieter Jan Boiman (P.J Bauman)

Yang dimaksud dengan sosiologi menurut P.J. Bouman dalam bukunya ‘Sociologie Begrien en Problemen ‘ ilmu sosiologi adalah ilmu yang mengkaji semua hubungan sosial antar sesama individu atau antara individu dengan kelompok, sifat dan segala perubahan ide sosial dari suatu lembaga.

Pengertian Sosiologi menurut Allan Jhonson

menurut allan jhonson Sosiologi adlah ilmu yang didalamnya mempelajari tentang kehidupan dan prilaku yang terjadi. Terutama tentang semua sistem sosial yang dapat mempengaruhi suatu individu dan bagaimana individu tersebut terlibat didalam proses mempengaruhi sistem tersebut.

Dari semua pengertian yang sudah dijelaskan di atas, baik secara umum maupun menurut para ahli mungkin bisa kita ambil kesimpulan bersama bahwa :

sosiologi adalah ilmu yang mempelajari semua jalinan hubungan antara individu dalam bermasyarakat sebagai kompleks kekuatan hubungan interaksi ini bisa terjalin dengan baik.

Objek Kajian Sosiologi

Ilmu sosiologi adalah

Objek kajian sosiologi sangatlah luas dan cukup kompleks karena ilmu ini mempelajari tentang hubungan masyarakat. Diantara objek kajian sosiologi adalah :

  1. Mengkaji hubungan timbal baling diantara sesama individu. Contohnya seperti dalam hubungan kekeluargaan.
  2. Mengkaji hubungan antara satu individu dengan suatu kelompok. Contohnya seperti dalam hubungan kemasyarakatan.
  3. Mengkaji hubungan yang terjadi antara satu kelompok dengan kolompk lainnya. Contohnya seperti hubungan suku-suku adat atau bahkan hubugan yang terjadi antara negara negara.
  4. Hal yang terpenting adalah mengkaji tentang timbal balik yang terjadi dalam hubungan tersebut.

Mungkin hanya ini artikel kami tentang Pengertian Sosiologi secara umum dan menurut ahli. Mudah mudahan artikel kami ini dapat bermanfaat untuk rekan rekan sekalian. Jika ada kesalahan mohon di benarkan karna kami di sini juga masih dalam proses pembelajaran. Kurang lebihnya momon maaf… sekian dan terimakasih banyak.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: