Pengertian Perubahan Sosial Budaya dan Ciri ciri-nya

Pengertian Perubahan Sosial Budaya – Dengan berjalannya waktu pada kehidupan manusia, seperti yang kita tau ada sangat banyak perubahan yang terjadi dari masa ke masa. Sama hal-nya dengan kehidupan bermasyarakat, prinsip prinsip tradisional ataupun prinsip modern yang selalu mengalami perubahan.

Perkembangan teknologi contoh, merupakan salah satu cara yang dipakai untuk menaikkan taraf hidup manusia dengan mempermudah pekerjaan khususnya dalam memenuhi kebutuhan manusia. Namun tidak semua semua perubahan yang terjadi akan berdampak kepada perubahan sosial budaya.

pengertian perubahan sosial

Pada dasarnya semua masyarakat mengalami suatu perubaan sosial, tapi perubahan yang terjadi antara masyarakat satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Hal seperti ini bisa saja terjadi karena adanya suatu masyarakat yang mengalami perubahan sosial budaya lebih cepat dibanding yang lainnya.

Adanya perubaan sosial yang terjadi bisa kita ketahui dengan melakukan perbandingan dan mempelajari pola yang berlaku pada suatu masa kemudian membandingkannya dengan keadaan masyarakat dimasa yang sudah berlalu.

Berikut beberapa penjelasan tentang pengertian perubahan sosial budaya secara umum dan menurut ahli. Untuk melengkapi kekurangan yang ada kami juga menambahkan macam macam bentuk perubahan sosial, faktor perubahan sosial dan juga ciri ciri perubahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah segala bentuk perubahan yang terjadi didalam kehidupan masyarakat atau suatu kelompok lembaga yang berkaitan dengan hal hal kompleks. Bentuk perubahan tersebut nantinya akan berdampak kepada sistem sosial yang berjalan dimasyarakat seperti norma yang berlaku, nilai nilai, dan peraturan yang berlaku diantara individu atau kelompok didalam masyarakat.

Karena perubahan sosial sangat erat kaitannya dengan hal hal yang komplek, perubahan sosial yang terjadi tidak akan terwujud hanya karena disebabkan satu faktor saja. Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial. Namun sebelumnya kita simak beberapa penjelasan mengenai definisi perubahan sosial menurut ahli.

Menurut Wiliam F Ogburn

Menurutnya yang di maksud dengan perubahan sosial adala sebuah perubahan yang erat kaitannya dengan beberapa unsur kebudayaan, baik itu secara material ataupun immaterial. Yang menitik beratkan adanya pengaruh besar dari unsur kebudayaan material terhadap beberapa unsur immaterial.
Menurut Selo Soemardjan

Definisi perubahan sosial Menurut selo, merujuk pada perubahan lembaga lembaga kemasyarakatan dalam masyarakat yang berdampak pada sistem sosial yang berjalan. Perubahan ini mencakup nilai-nilai, pola perilaku, dan sikap.

Menurut Kingsley Davis:

Perubahan sosial adalah sebuah perubahan yang terjadi di dalam struktur dan fungsi masyarakat.

Menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Perubahan sosial merupakan sesuatu yang pasti dan selalu ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat generasi baru tak mungkin meniru atau mengambil alih kebudayaan generasi sebelumnya. Generasi baru pasti selalu menginginkan perubahan.

Menurut Emile Durkheim

perubahan sosial adalah suatu hasil dari faktor demografi dan ekologi yang mengubah sebuah bentuk kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang erat kaitannya dengan solidaritas mekanistik ke dalam suatu kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

Menurut Gillin

Gillin menuturkan bahwasanya Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terjadi merupakan bentuk dari suatu variasi cara hidup yang sudah diterima. Dengan adanya perubahan kebudayaan material, komposisi penduduk, kondisi geografi, ideologi, ataupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Ciri Ciri Perubahan Sosial

Didalam sebuah buku yang ditulis Janu Murdiyatmoko beliau menuturkan : Mempelajari, memahami sosiologi masyarakat dan perubahan sosial yang terjadi bisa di ketahui apa bila terdapat beberapa Ciri. Diantara beberapa Ciri ciri perubahan sosial adalah :

1. Bersifat Berkelanjutanpengertian perubahan sosial budaya

Sifat berkelanjutan merupakan ciri perubahan sosial yang paling pokok. Artinya, dalam sebuah masyarakat perubahan sosial pasti terjadi dan terjadi secara terus penerus baik secara lambat ataupun cepat. Perubahan sosial juga merupakan suatu konsekuensi karena manusia adalah makhluk sosial. Dengan dasar itulah manusia akan selalu berkembang dan tidak akan berhenti.

2. Bersifat Imitatif

sifat sifat perubaan sosial

Sebuah kelompok atau lembaga dalam masyarakat yang mengikuti kelompok lain merupakan sifat yang di namakan imitatif. Hal ini bisa terjadi karena masing masing kelompok tidak bisa mengisolir diri dari perubahan yang terjadi dan mereka akan saling mempengaruhi satu dengan lainnya (interdependen). Gambaran mudah dari Ciri perubahan sosial pada poin ke dua adalah kesinambungan yang saling berkaitan dalam masyarakat.

Ada banyak sekali contoh yang bisa kita ambil dari ciri perubahan sosial seperti dalam kesenian alat alat musik modern, desain busana, gaya gaya rambut, dan desain rumah minimalis yang saat ini sedang tren. Pada awalnya beberapa contoh diatas akan di tiru oleh sebagian penggemar dan nantinya akan di teruskan dan meluas ke masyarakat umum.

3. Disorganisasi Sementara

pengertian perubahan sosial budaya

Disorganisasi merupakan situasi kacau sebagai bentuk adaptasi dari pada dampak perubahan sosial terhadap masyarakat. Sebuah perubahan sosial, Utamaya yang bersifat cepat pada umumnya akan menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara.

Setelah berlangsungnya disorganisasi, biasanya akan berlanjut reorganisasi dan penetapan dari norma yang di adopsi dari kebudayaan baru yang di terima. Bisa kita ambil contoh pada saat peristiwa pasca reformasi yang terjadi di indonesia pada tahun 1998.

4. Hubungan Timbal Balik (Kausalitas)

pengertian perubaan sosial

Batasan pada perubahan sosial tidak hanya terjadi pada satu bidang matrial atau immateial saja. Perubahan sosial bisa terjadi pada keduanya karena hubungan timbal balik sangat erat kaitannya dengan keduanya. Penemuan teknologi komunikasi dengan pola yan terjadi di masyarakat sebagai contohnya.

5. Penggolongan Watak (Tipologis)

pengertian perubahan sosial

Perubahan sosial bisa kita kategorikan menjadi beberapa bentuk dilihat secara tipologis (Golongan watak manusia). Ada 4 peng kategorian diantaranya proses sosial, perubahan struktur, segmentasi, dan perubahan struktur kelompok.

  • Proses sosial banyak mencakup peralihan fasilitas fasilitas, penghargaan dan anggota dari sebuah struktur
  • Peruabahan struktur mencakup munculnya perubahan peran dasi sebuah organisasi baru.
  • Segmentasi mencakup pemekaran dari setiap unit struktural yang yang tidak berbeda dengan unit yang ada sebelumnya.
  • Perubahan struktur kelompok meliputi suatu pergantian komposisi, tingkat kesadaran, maupun hubungan antar kelompok dalam masyarakat.

Demikianlah artikel kami berkaitan dengan pengertian perubahan sosial dan ciri ciri perubahan sosial. Mungkin bentuk bentuk perubahan sosial akan kami tulis di artikel yang berbeda. Kurang lebihnya mohon dimaafkan dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih banyak.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: