Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi – Hai teman, taukah kamu apa itu ilmu ekonomi ? Dalam kehidupan sehari hari, sadar tidak sadar hampir semua kegiatan kerja yang masyarakat lakukan merupakan praktek dari pada ilmu ekonomi. Dalam artikel ini kami akan rangkumkan tentang pengertian ekonomi, pembagian, penggolongan, dan contoh contoh ilmu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Definisi Ilmu Ekonomi merupakan sebuah bidang yang mengkaji dan mempelajari tentang bagaimana sikap masyarakat dalam menggunakan sumber matrial terbatas. Ataupun memakai sumber alternatif terbaik tanpa uang dengan cara menghasilkan barang atau jasa Sebagai sumber untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak ada batasan-nya.

Menurut Sumber tertentu pada dasarnya Pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi keduanya dibedakan. Seiring perkembangan zaman, banyak para pakar yang menyamakan pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi itu sendiri. Namun Ditinjau secara bahasa, kata ekonomi berasal dari kata “Oiko-nomos” bahasa yunani yang berarti, Oikos diartikan sebagai rumah tangga dan Nomos diartikan sebagai aturan. Sederhananya Oikosnomos diartikan sebagai aturan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia khususnya dalam kehidupan rumah tangga.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian Ekonomi menurut para ahli yang dijadikan sebagai pegangan dalam mempelajari ilmu ekonomi. Diantara-nya :

Menurut Manullang

Menurut Manullang, Ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang memmengkaji tentang kehidupan masyarakat dalam berusaha mencapai tujuan untuk kemakmuran hidupnya (kemakmuran dari sebuah keadaan yang mana semua individu bisa memenuhi kebutuhan hidup, baik yang berwujud barang-barang ataupun jasa).

Menurut Suherman Rosydi

Pengertian ilmu ekonomi menurut Suherman Rosyadi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berupaya didalamnya untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang fenomena dalam masyarakat yang muncul karena usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan untuk mencapai tingkat kemakmuran.

Menurut Aristoteles

Ilmu ekonomi menurut Aristoteles merupakan cabang ilmu pengetahuan yang bisa dipakai untuk dua kepentingan yaitu kemungkinan dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang.

Menurut Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison

Definisi Ilmu ekonomi adalah pengetahuan yang didalamnya mengkaji bagaimana cara manusia dan masyarakat yang memiliki keinginan tidak terbatas untuk memilih mengalokasikan sumber daya yang juga terbatas dalam memuaskan keinginan mereka sendiri.

Menurut Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari dan mengkaji tentang bagian dari tindakan dan sosial umat manusia yang paling dekat pencapaiannya dan kesuksesannya dalam menggunakan material yang ada untuk kesejahteraan.

Menurut Edwin Cannan

Ilmu ekonomi menurut Edwin Cannan adalah studi yang bertujuan untuk menpelajari berbagai macam faktor secara umum dengan menentukan sebuah kebijakan yang erat hubunganya dengan material. Tak dapat dipungkiri bahwa ilmu ekonomi berbau material, karena semua kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi memang sangat membutuhkan alat tukar uang atau yang lain.

Menurut A.C Pigou

Ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang suatu kajian yang digunakan untuk menambahkan jumlah pengeluaran yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup seseorang. Memang pada intinya ilmu ekonomi memiliki tujuan mensejahterakan masyarakat melalui ekonomi. Untuk mencapai sebuah kesejahteraan mau tidak mau harus berkorban melakukan sebuah pengeluaran.

Menurut M. Akram Khan

Menurutnya ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang memiliki tujuan, mempelajari kesejahteraan individu masyarakat yang didapatkan dari upaya upaya dalam mengatur sumber-sumber daya didalam bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi. Hal ini dikarenakan manusia sebagai makhluk sosial yang butuh orang lain untuk mencapi sebuah tujuan.

Demikianlah artikel kami tentang rangkuman singkat definisi pengertian ilmu ekonomi secara umum dan menurut para ahli ilmu ekonomi. Jika ada kekurangan dalam penulisan dan materi materi yang kami sampaikan mohon dimaafkan dan di ingatkan dengan menulisnya dikolom komen yang suda disediakan. Sekian dan terimakasih banyak 😀

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: