Kelompok Sosial : Pengertian, Ciri ciri, Syarat dan Fungsi Kelompok Sosial

Kelompok Sosial – Hei Sahabat Apa Kabar ? Tahukah kamu apa itu kelompok sosial ? Kita sebagai manusia selain butuh dengan interaksi sosial kita juga memerlukan bantuan kelompok untuk mencapai suatu tujuan. Dalam artikel ini kami ajan ramkumkan tentang pengertian kelompok sosial, macam jenis kelompok sosial fungsi kelompok sosial dan sub pembahasan lain berkenaan dengan kelompok sosial.

Definisi Kelompok Sosial

Kelompok Sosial adalah segerombolan individu masyarakat yang saling berinteraksi dan memiliki kesadaran akan ke anggotaannya dalam suatu kelompok. Terbentuknya kelompok sosial karena suatu perasaan yang tumbuh disebabkan seringnya melakukan interaksi diantara individu masyarakat.

Kenyataan yang terjadi kelompok masyarakat dalam kehidupan ini sangat banyak jumlahnya dengan dasar pembentukan yang berbeda beda. Pada dasarnya sejak lahir manusia memiliki dua keinginan, yakni mereka ingin berbaud dengan manusia lain dan ia bisa beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Kelompok sosial juga merupakan satu usaha yang salah satu tujuannya memenuhi kebutuhan tersebut.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Sebagai pelengkap berikut kami kutipkan beberapa pengertian kelompok sosial menurut para ahli dalam bidang sosiologi. Diantara adalah :

Menurut Roland Freedman Cs

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Roland Freedman Cs, adalah suatu organisasi terdiri atas dua individu atau lebih individu yang terterhubung oleh ikatan – ikatan dari sistem ukuran – ukuran sikap dan kelakuan yang disetujui dan diterima oleh semua anggota kelompok.

Menurut Sherif

Menurut Sherif, definisi Kelompok Sosial adalah satu dari kesatuan sosial yang terdiri dari dua individu atau lebih yang didalamnya terjadi interaksi sosial yang cukup teratur dan intensif. Sehingga dibuatlah pembagian tugas, struktur dan norma-norma yang khas bagi kesatuan sosial tersebut lalu disepakati bersama.

Menurut Joseph S.Roucek

Yang dimaksud Kelompok Sosial menurutnya adalah suatu kelompok yang terdapat didalamnya dua manusia atau lebih yang terdapat diantara mereka pola pola interaksi yang bisa dipahami oleh individu lain dan individu dalam kelompok secara keseluruhan.

Menurut George Homans

Menurut George Homans, Kelompok Sosial merupakan sebuah perkumpulan anggota masyarakat yang banyak melakukan interaksi, kegiatan dan punya rasa untuk membangun secara keseluruhan yang terorganisasi dan memiliki keterkaitan timbal balik.

Menurut Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, Kelompok Sosial adalah satu kesatuan atau himpunan manusia yang saling berhubungan diantara mereka dengan adanay timbal balik dan saling memengaruhi.

Ciri Ciri Kelompok Sosial

Sekumpulan individu bisa dikatakan sebagai kelompok sosial apa bila didalamnya terdapat ciri ciri kelompok sosial dengan syarat syarat kelompok sosial , yaitu :

  1. Antar sesama anggota kelompok sosial memiliki suatu kesamaan motif dan tujuan yang sama, sehingga tercipta sebuah kerjasama dan interaksi yang baik untuk memudahkan tercapai-nya tujuan dari kelompok tersebut.
  2. Masing masing individu dalam kelompok memiliki kesadaran bahwa ia merupakan bagian dari kelompok.
  3. Saling melakukan hubungan timbal balik yang baik antara sesama anggota kelompok yang bersangkutan.
  4. Memiliki Struktur sosial yang jelas supaya masing masing anggota memiliki fungsi dan supaya berjalannya suatu kelompok bisa diarahkan oleh pihak yang bersungguh sungguh dalam menjalankan perannya masing masing.
  5. Kelompok Sosial harus memiliki aturan dan norma yang disepakati untuk memperbaiki hubungan antar sesama anggota.
  6. Merupakan satu kesatuan yang nyata sehingga dapat dibedakan dengan kelompok lainnya.
  7. Setiap anggota memiliki pola interaksi yang aktif dan sikap baik antar sesama anggota.
  8. Terjalinnya Hubungan sosial dalam kelompok sudah berjalan dalam beberapa kurun waktu (bisa seminggu, sebulan, setahun).
  9. Sikap dari satu anggota terhadap satu kejadian dapat mempengaruhi anggota lainnya.
  10. Adanya suatu gerakan dan atau dinamika dalam kelompok sosial tersebut.
  11. Adanya suatu penegasan terhadap norma-norma dan sikap anggota kelompok yang didalamnya mengatur interaksi antar anggota dan kegiatan kegiatan kelompok untuk mewujudkan tujuan dari kelompok tersebut.

Fungsi Kelompok Sosial

Untuk memudahkan kita, dalam Sub-pembahasan fungsi kelompok sosial kita membaginya berdasarkan fungsi secara umum dan dilihat dari dampak yang disebabkan suatu kelompok. Berikut beberapa fungsi kelompok sosial secara umum :

  • Saling menyemangati dan meningkatkan produktivitas kerja dalam berkelompok.
  • Karena setiap anggota rasa saling memiliki antar individu kelompok, hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri setiap anggota.
  • Tembentuknya kerjasama yang baik dalam mewujudkan cita cita bersama.
  • Memiliki tempat untuk bercerita, mencurahkan semua isi hati dan berkeluh kesah dengan masalah yang sedang dialami setiap anggota.
  • Menjadi sarana untuk bertukar ide dan saling berdiskusi tentang topik topik untuk membangun kelompok secara bersama sama.
  • Menjadi wadah pemersatu sekalipun individu -individu memiliki perbedaan latar belakang.
  • Menjadi sarana untuk meningkatkan interpersonal skill, terutama skill dalam hal berinteraksi dan mengambil tindakan yang berkaitan dengan orang lain atau orang banyak.

Berikut adalah Fungsi kelompok sosial jika dilihat berdasarkan dampak yang dibuat oleh suatu kelompok. Adapun fungsi kelompok sosial tersebut dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Fungsi kelompok formal

Fungsi kelompok formal adalah sebagai sarana untuk saling membantu mengerjakan tugas sulit dalam kelompok yang saling berhubungan dan susah untuk dikerjakan secara individu. Tak hanya itu, hal ini juga dapat dijadikan sebagai sarana memunculkan ide ide baru sebagai pemecahan permasalahan yang membutuhkan kreativitas dalam menyelesaikannya, dan sebagai tempat bersosialisasi dalam melaksanakan keputusan yang sulit untuk ditentukan.

2. Fungsi kelompok individual

Fungsi ini adalah fungsi kelompok yang erat berhubungan dengan setiap anggota yang mempunyai bermacam macam kebutuhan. Dari kelompok inilah setiap anggota bisa memenuhi kebutuhan kebutuhan tersebut, seperti meliput kebutuhan teman teman, dukungan sahabat, dan kasih sayang.

Fungsi lain juga bisa sebagai sarana untuk pengembangan, peningkatan serta penegasan rasa menegaskan rasa identitas dan pemeliharaan harga diri, sebagai sarana menguji kenyataan sosial melalui diskusi yamg dilakukan dengan orang lain, pengembangan diri dari segi perspektif, dan konsensus bersama demi mengurangi keragu-raguan dalam lingkungan sosial agar dapat diambil keputusan yang baik dan menguntungkan.

Demikian Rangkuman kami berkenaan dengan Kelompok Sosial, dari pengertian kelompok sosial, Ciri Ciri, Syarat, dan fungsi kelompok sosial secara jelas. Mudah mudahan bisa membatu kita semua dalam memahai pelajaran. Sekian dari kami dan terimakasih banyak atas waktunya. 😀

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: