Diferensiasi Sosial : Pengertian , Ciri-ciri dan Bentuk-bentuk-nya

Pengertian Diferensiasi Sosial – Hallo Sahabat, Dalam artikel sebelumnya kami sudah paparkan tentang pengertian struktur sosial yang terdapat dalam masyarakat. Kali ini kami akan jelaskan pembahasan Sub-BAB dari pada jenis struktur sosial horizontal atau juga disebut dengan diferensiasi sosial. Pengelompokan masyarakat secara horizontal memiliki ciri ciri dan jenis jenis yang harus kita ketahui.

Pada dasarnya konsep diferensiasi sosial menunjukkan adanya suatu keragaman dalam suatu kelompok masyarakat yang bisa kita liat dari adanya suatu adat, suku suku, budaya, beragam bahasa, ras, dan agama. Konsep diferensiasi sosial diartikan sebagai pengelompokan masyarakat berdasarkan hal hal yang bersifat sama antara satu dengan yang lain dan tidak dibedakan secara tingkat status sosialnya.

Pengertian Diferensiasi Sosial

Definisi diferensiasi sosial adalah penggelompokan masyarakat kedalam kelompok kelompok berdasarkan perbedaan perbedaan yang bersifat sejajar dan setara. Artinya walau terdapat perbedaan pada setiap individu, ia memiliki kesempatan yang sama. Lain halnya dengan startifikasi sosial yang membedakan individu dalam suatu kelompok berdasarkan tingkatan.

Menurut Soerjono Soekanto, yang dimaksud diferensiasi sosial adalah prestise, variasi pekerjaan, serta otoritas suatu kelompok di masyarakat yang erat hubungannya dengan interaksi masyarakat serta dampak umum dari proses interaksi sosial yang lain. Terwujudnya pengelompokan pengelompokan dalam kelompok didasar oleh perbedaan pada kriteria yang tidak akan memunculkan tingkatan-tingkatan diantaranya seperti agama, jenis kelamin, ras, profesi, klan, suku bangsa, dan lain lain.

Ciri ciri Diferensiasi Sosial

Secara umum ada 3 ciri ciri diferensiasi sosial yang dipakai sebagai tolak ukur. Ke tiga ciri diferensiasi sosial ini merupakan ciri khas yang menjadikan perbedaan dalam suatu kelompok dengan kelompok tampak lebih jelas. Dampak dari ke tiga ciri ini pula yang membuat individu atau kelompok kelompok masuarakat terpisah dan berbeda satu dengan yang lainnya. Berikut 3 ciri ciri siferensiasi sosial :

Ciri Diferensiasi Sosial Dilihat Secara Fisik

Ciri diferensiasi sosial yang dilihat secara fisik merupakan semua perbedaan yang dilihat dari sifat sifat fisik yang terliat secara kasat mata. Warna kulit, warna rambut, postur tubuh, warna mata dan ciri fisik lainnya merupakan beberapa contoh dari diferensiasi sosial dilihat secara fisik. Di amerika perbedaan ini sangat terlihat antara orang yang berkulit putih dan orang yang berkulit hitam.

Ciri Berdasarkan Budaya

Budaya merupakan suatu ciri khas dari suatu kelompok yang erat kaitannya dengan adat istiadat yang selalu berkembang dalam masyarakat. Setiap bangsa atau suku memiliki adat istiadat yang berbeda beda. Contoh kecil yang bisa kita ambil seperti di negara kita yang memiliki banyak sekali suku pada masyarakatnya seperti Sunda, Jawa, Lombok, Bali, Dayak, dan suku suku lainnya.

Setiap suku di negara kita memiliki adatnya sendiri sendiri seperti dayak yang memiliki pakaian adat dan upacara adatnya sendiri, dan begitu pula dengan budaya di negara negara lain yang mana cakupan sistem adat dan sistem budaya cakupannya lebih besar serta karakteristik yang dimiliki juga berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Ciri-ciri Sosial

Ciri ciri Sosial adalah suatu ciri yang erat kaitannya dengan fungsi setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagaimana pada umumnya bahwa setiap individu masyarakat mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda satu dengan lainnya yang berhubungan erat dengan profesi, pekerjaan, dan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Beberapa individu bekerja untuk kepentingan dirinya sendiri dan ada pula yang bekerja untuk kepentingan sosial. Jenis-jenis mata pencaharian yang dilakukan tiap individu tidak menunjukkan adanya suatu tingkatan yang bersifat vertikal, bahkan hal tersebut menunjukkan adanya suatu perbedaan minat dan bakat seseorang untuk membedakannya dengan individu lain yang juga bersifat horisontal.

Demikianlah artikel kami tentang pengertian diferensiasi sosial, ciri ciri, dan bentuk bentuk diferensiasi sosial. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf, Sekian dan terimakasih atas waktunya karena teman teman sudah membacanya sampai habis. 😀

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: